SIMULASI KEPEMIMPINAN NASIONAL DAN SIMULASI KEPEMIMPINAN STRATEGIS PESERTA DIDIK SESPIMTI POLRI DIKREG-32 T.A 2023

admin 20 Sep 2023

banner-image

Lembang, 19 Oktober 2023

Bertempat di Gedung Utaryo Suryawinata Sespim Lemdiklat Polri, Peserta Didik Sespimti Sespim Lemdiklat Polri melaksanakan Kegiatan Simulasi Kepemimpinan Nasional dan Simulasi Kepemimpinan Stategis dengan tema “Sinergi kolaborasi dan koordinasi kepemimpinan nasional, guna memantapkan transformasi tata kelola Kementerian dan Lembaga dalam rangka mempercepat transformasi yang inklusif dan berkelanjutan”.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Peserta Didik Sespimti Sespim Lemdiklat Polri ini dibuka oleh Kasespimti Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Indro Wiyono, M.Si., dan menghadirkan Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., sebagai Keynote Speech.

Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., dalam pidatonya menyampaikan, “Ada 2 point dalam kegiatan ini, yaitu : (1) Simulasi artinya membuat model, dan (2) Konteks kepemimpinan. Maka kegiatan simulasi ini diharapkan akan berkaitan dengan model Pemolisian. Sehingga Polisi menjadi penegak hukum dalam pemolisiannya untuk dapat mewujudkan dan memelihara keteraturan sosial, menegakan hukum dan keadilan dengan tetap memberikan jaminan dan perlindungan HAM”.

Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., menyampaikan harapannya kepada seluruh Peserta Didik Sespimti Dikreg-32 agar mampu menjadi pemimpin yang transformasional dan pemimpin yang berani belajar dan memperbaiki kesalahan-kesalahan dimasa lalunya, sehingga mampu membawa masyarakat menuju era yang lebih baik.

Faktor kepemimpinan menjadi penentu arah dan keberhasilan organisasi dalam mencapai Visi dan juga Misi. Kehadiran Pemimpin yang visioner, transformatif, serta adaptif diperlukan dalam menghadapi perubahan yang semakin cepat di era Vuca saat ini. Sehingga setiap permasalahan yang dihadapi dapat diatasi denga baik dan memberikan dampak yang positif.

Kasespimti Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Indro Wiyono, M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan Simulasi Kepemimpinan Nasional dan Kepemimpinan Stategis yang dilaksanakan saat ini merupakan peruahan yang mendasar dari Kegiatan Simulasi di tahun-tahun sebelumnya”.

Saat ini Perkembangan dilingkungan strategis begitu pesat, sehingga Pemimpin dituntut untuk memperbaharui ilmu pengetahuan serta keterampilan sesuai dengan perkembangan yang terjadi.

Kasespimti Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Drs. Indro Wiyono, M.Si., juga menyampaikan harapannya kepada Peserta Didik khususnya Peserta Didik Sespimti Dikreg-32 T.A 2023 agar mampu mengimplementasikan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam Kegiatan Simulasi yang kita laksanakan hari ini.

-Fya