Kurikulum SESPIM LEMDIKLAT POLRI

Dalam rangka penyelenggaraan pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Polri, perlu ditetapkan dasar dan pedoman pelaksanaan pendidikan; agar Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Polri dapat terlaksana secara efektif dan efisien, sehingga dapat mencapai kualifikasi pendidikan profesional baik sebagai staf atau pimpinan Manajemen Kepolisian meliputi tingkat pertama Tingkat Menengah dan tingkat tinggi, dalam rangka melaksanakan tugas pokok Polri sebagai Pelindung Pengayom dan Pelayan Masyarakat yang (Promoter) Profesional, Modern dan Terpercaya dalam rangka perkembangan kamtibmas dan guna mengantisipasi dinamika politik dan ekonomi global dalam rangka mendukung pembangunan nasional perlu disusun  Kurikulum Pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Polri sebagai berikut :

PROFILE SESPIMA

       I. TEMA PENDIDIKAN

            Meningkatkan kemampuan staf dan pimpinan tingkat menengah yang profesional, modern dan terpercaya melalui democratic policing guna mengantisipasi perkembangan situasi menghadapi Pemilu 2019 dalam rangka terwujudnya Kamdagri

       II. TUJUAN PENDIDIKAN

           Menghasilkan Perwira Polri mahir, terpuji, patuh hukum dan unggul yang mampu melaksanakan tugas selaku Pimpinan dan staf Tingkat menengah.

       III. PROFIL LULUSAN

            Pimpinan dan staf tingkat menengah yang berkarakter kebangsaan dan menguasai manajemen strategis serta terampil mengambil keputusan strategis.

       IV. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

            1. Sikap dan Tata Nilai

                 Memiliki mental dan perilaku yang menunjukkan sikap

                 a. Mengamalkan nilai-nilai sebagai insan Bhayangkara yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

                 b. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik

                 c. memiliki rasa nasionalisme tinggi dan mewujudkan perdamaian dunia

                 d. memiliki kepekaan sosial dan kepedulian   yang tinggi terhadap lingkungannya.

                 e. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain

                 f. menjunjung tinggi penegakan hukum

           2. Penguasaan Pengetahuan/Keilmuan

               Memiliki pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural tentang manajemen dan kepemimpinan tingkat menengah yang meliputi

               a. Sikap mental dan kepribadian sebagai insan Bhayangkara.

               b. Strategi kepemimpinan.

               c. Manajemen strategis bidang operasional. 

               d. Manajemen strategis bidang pembinaan.

               e. Kajian perkembangan lingkungan strategis.

           3. Keterampilan Kerja Umum

               1. Menerapkan program nawacita dan program revolusi mental dalam pelaksanaan tugas Polri.

               2. Perumusan, pengembangan pemikiran logis, kritis, kreatif  dan sistematis, dalam konteks implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi kepolisian yang memperhatikan nilai-nilai humaniora dalam etika karya tulis ilmiah.

               3. Pertanggungjawaban kinerja dan anggaran secara transparan dan akuntabel.

               4. Pengelolaan media sosial dan penerapan kemampuan kehumasan dalam upaya  membangun opini positif

               5. Pengelolaan konflik internal organisasi untuk memelihara soliditas,  dan solidaritas kesatuan  dengan TNI atau instansi terkait

               6. Pemahaman paradigma dan keterampilan democratic policing dan dalam pelaksanaan tugas Polri.

           4. Keterampilan Kerja Khusus

                Memiliki keterampilan meliputi :

                a. Menjadi agen perubahan dan memiliki keterampilan mengelola organisasi yang dipimpinnya dalam mewujudkan pelayanan prima;

                b. Penerapan proses pengambilan keputusan

                c. Penganalisisan perkembangan lingkungan strategis guna memprediksi dan mengantisipasi ancaman kamtibmas

                d. Perumusan strategi menghadapi ancaman kamdagri

                e. Penerapan strategi  dan kebijakan Polri dalam pelaksanaan tugas