SEMINAR SEKOLAH SESPIMMA POLRI ANGKATAN KE-71 T.A 2024

admin 17 Jul 2024

banner-image

Lembang, 17/07/2024 - Kegiatan Seminar Sekolah dengan tema “Etika Pemimpin dan Kepemimpinannya” digelar di Gedung Oetaryo Suryawinata Sespim Lemdiklat Polri.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Peserta Didik Sespimma Polri Angkatan ke-71, PJU Sespim Lemdiklat Polri, Pejabat Utama Polda Jawa Barat, tamu undangan dari Lembaga Pendidikan serta Universitas Wilayah Bandung. Selain peserta yang hadir di Gedung Oetaryo, kegiatan Seminar Sekolah ini juga diikuti oleh 1.000 Peserta yang bergabung secara daring via Zoom.

Dalam kegiatan Seminar Sekolah ini menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) diwakili oleh Sekretaris Menko PMK Andi Megantara, P. hD., Uskup Keuskupan Agung Jakarta Prof. Dr. Ignatius Kardinal Suharyo, Ketua Sangha Theravada Indonesia Bhiku Sri Paññavaro Mahathera, dan Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., sebagai narasumber

Kegiatan Seminar Sekolah ini dilaksanakan dalam rangka :

  1. Menyebarluaskan pengetahuan, pendapat, dan wawasan kepada peserta seminar tentang Etika Pemimpin dan kepemimpinannya.;
  2. Membiasakan Peserta Didik untuk dapat menyampaikan gagasannya di depan Peserta Didik lainnya dan mempertahannya berdasarkan kaidah keilmuan;
  3. Merumuskan strategi lainnya dari masukan peserta Seminar Sekolah yang dapat diaplikasikan secara nyata guna memberikan kontribusi dalam aktualisasi etika dalam kepemimpinanannya.

Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., yang ditunjuk sebagai Keynote Speaker dalam kegiatan Seminar Sekolah ini menjelaskan bahwa spirit pemimpin itu Pantas dan Benar, Layak dan Menyelamatkan, Kesadaran dan Tanggung Jawab dan Disiplin, Menginspirasi, Memotivasi, Memberi Solusi, Melindungi, Mengayomi dan Melayani, Sepi Ing Pamrih Rame ing Gawe (tulus hati dan tidak banyak kepentingan), Beintegritas, Komitmen dan Konsisten, Mampu menjadi siapa dan mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan, Transformatif yang passionnya: berani belajar dan memperbaiki kesalahan di masa lalu, Siap di masa kini, Mampu menyiapkan masa depan yang lebih baik, Meneng, Wening, Dunung (Neng, Ning, Nung), memiliki ketenangan, keheningan dan memutuskan dengan bijak, Rendah Hati, dan Memiliki Iman yang Benar.

“Peminpin berbasis Moral adalah tahu yang baik dan benar. Dimana etika bisa memilih dan menerapkan yang baik dan benar,” tutup Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si.

Dengan adanya kegiatan Seminar Sekolah ini, diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas pemimpin Polri yang memiliki etika dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

Dalam wawancara dengan team media Sespim Lemdiklat Polri Kasespimma Polri Angkatan ke-71 Brigjen Pol. Mardiyono, S.I.K., M.Si., mengatakan, “Kegiatan hari ini merupakan kegiatan yang bukan hanya dikhususkan bagi Serdik Sespimma Polri Angkatan ke-71 saja, tetapi bagi diharapkan mampu menjadi mode pembelajaran bagi kita semua. Yang mana unsur kepemimpinan dapat kita temui dalam kehidupan bermasyarakat. Selain mengenai kepemimpinan, dalam kegiatan hari ini juga kita membahas mengenai keterkaitannya antara moral dan agama. Jadi diharapkan kepada seluruh Serdik Sespim Lemdiklat Polri, seluruh tamu undangan, dan masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dapat mengambil pelajaran yang telah dijabarkan baik oleh Keynote Speech maupun Narasumber yang hadir”.

Kasenat Sespimma Polri Angkatan ke-71 Tony Haryono, S.E., M.M., juga mengatakan, “Sesuai dengan tema hari ini, yaitu Etika Pemimpin dan Kepemimpinannya, maka dapat kita kaitkan dengan program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang mana adalah penegakan hukum yang berkeadilan. Sehingga integritas moral dalam penegakan hukum adalah kunci untuk memastikan bahwa hukum diterapkan dengan cara yang adil dan setara untuk semua warga”.

-Fya