DIALOG KEBANGSAAN “BRANDING, KOMUNIKASI DAN MEDIA” OLEH DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KOMJEN POL. (PURN.) DRS. RUDY SUFAHRIADI

admin 29 Mar 2024

banner-image

Lembang (28/03/2024) - Bertempat digedung Utaryo Andrawinata Peserta Didik Sespim Lemdiklat Polri yang terdiri dari Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg ke-33, Sespimmen Polri Dikreg ke-64, dan Peserta Didik Sespimma Angkatan ke-71 mengikuti kegiatan Dialog Kebangsaan.

Dengan tema “Branding, Komunikasi dan Media”, Sespim Lemdiklat Polri menghadirkan Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda Dan Olahraga Komjen Pol. (Purn.) Drs. Rudy Sufahriadi, sebagai Narasumber.

“Filosofi Kepemimpinan Dalam Membangun Brand Image Personal dan Institusi” merupakan judul materi yang disampaikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda Dan Olahraga Komjen Pol. (Purn.) Drs. Rudy Sufahriadi.

8 (Delapan) sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin :

  1. Sifat Matahari

Setiap pemimpin harus mampu memberi motivasi, spirit, daya hidup, dan memberi kekuatan kepada seluruh anak buah yang dipimpinnya.

  1. Sifat Bulan

Setiap pemimpin harus dapat menyenangkan, menarik hati, dan memberi terang dalam kegelapan kepada semua anak buah yang dipimpinnya.

  1. Sifat Bintang

Pemimpin harus dapat berfungsi seperti bintang, maknanya bahwa seorang pemimpin dapat memberi petunjuk, memberi arahan, dan bimbingan agar anak buahnya mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.

  1. Sifat Angin

Pemimpin harus dapat bertindak dengan cermat dan teliti serta tidak segan-segan terjun langsung ke masyarakat agar mengetahui kondisi yang sebenarnya.

  1. Sifat Api

Pemimpin harus mampu bertindak seperti api, artinya harus tegas dan adil tanpa pandang bulu, serta mempunyai prinsip yang konsisten serta dapat menahan emosi atau mengendalikan diri.

  1. Sifat Mendung

Pemimpin harus dapat menjaga kewibawaan dengan berbuat jujur, terbuka, dan semua yang menjadu programnya daoat bermanfaat bagi anak buah dan sesama.

  1. Sifat Samudra

Pemimpin harus berfungsi seperti samudra yaitu mempunyai pandangan luas, merata, sanggup, mampu menerima berbagai macam persoalan serta tidak boleh pilih kasih dan membenci terhadap golongan apa pun serta berbesar jiwa mau memaafkan kesalahan orang lain.

  1. Sifat Bumi

Pemimpin harus dapat bersifat seperti bumi yaitu berteguh hati dan selalu mampu memberi anugrah terhadap siapa saja yang berjasa terhadap nusa dan bangsa.

“Tugasmu hanya menjalankan takdir Allah dengan ikhlas, jangan tanya mengapa karena Allah tahu yang terbaik untukmu,” Tutup Deputi Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda Dan Olahraga Komjen Pol. (Purn.) Drs. Rudy Sufahriadi.

-Fya