KULIAH UMUM SESPIM LEMDIKLAT POLRI, oleh DR. AL ARAF, S.H., M.DM

admin 04 Apr 2023

banner-image

Lembang, 04 April 2023

Kuliah Umum Sespim Lemdiklat Polri, digelar pada Selasa 04 April 2023, pukul 16:00 WIB. Kuliah umum untuk Peserta Didik Sespimti Polri Dikreg Ke 32, Sespimmen Polri Dikreg Ke 63 dan Sespimma Polri Angkatan Ke 69 ini disampaikan oleh  DR. AL ARAF, S.H.,M.DM, Seorang Peneliti Senior Imparsial yang juga Ketua Centra Initiative, dan Dosen Fak Hukum Univ Brawijaya.

Kuliah Umum ini mengusung tema KEAMANAN MANUSIA DALAM KEHIDUPAN NEGARA DEMOKRASI DAN NEGARA HUKUM, pada sesi pemaparannya DR. AL ARAF, S.H.,M.DM menyebutkan, “Tujuan Keamanan adalah memastikan rasa aman. Dengan melakukan dua pendekatan yaitu pendekatan tradisional dan pendekatan non-tradisional. Pendekatan tradisional memiliki arti sebagai keamanan sebuah negara yang dapat diancam oleh kekuatan militer negara lain dan harus dipertahankan melalui kekuatan militer negara itu sendiri. Sedangkan pendekatan Non-Tradisional memiliki arti keamanan ditekankan kepada kepentingan keamanan pelaku-pelaku bukan negara.”

Sesuai dengan tema Konsep Keamanan Manusia Dalam Kehidupan Negara Demokrasi dan Negara Hukum, dapat disimpulkan bahwa :

1. Keamanan manusia sebagai ruang untuk menjamin perlindungan keamanan warga;

2. Konsep keamanan manusia sejatinya membutuhkan dan mengedepankan berjalannya prinsip negara hukum;

3. Konsep keamanan manusia telah membawa fungsi militer dan kepolisian dalam ruang-ruang baru untuk
    menjaga perdamaian dunia melalui peacekeeping operation;

4. Konsep keamanan manusia didalam negara demokrasi mengharuskan adanya jaminan penghormatan
    terhadap HAM;

5. Memastikan regulasi;

6. Memastikan institusi;

7. Memastikan society.

 

Pada kesempatan ini, perwakilan Peserta Didik juga menyampaikan kesan dan kesannya pada pelaksanaan Kuliah Umum.

“Dengan adanya kuliah umum dari DR AL ARAF dapat memberikan konsep baru terutama kepada Sespimti Dikreg ke 32, bagaimana melihat pergeseran paradigma keamanan Nasional dan Keamanan Manusia. Dengan adanya pemahaman ini kami akan semakin konsern pada saat bertugas nanti untuk dapat melakukan hal-hal terbaik dalam menajaga keamanan sebagai hal terpenting untuk saat ini.” Ucap KOMBES POL PRASETYO RACHMAT PURBOYO, S.I.K., M.H selaku perwakilan dari Serdik Sespimti Polri Dikreg Ke 32.

Kemudian KOMPOL ARMAN SAHTI. S.H., S.I.K., M.H selaku perwakilan dari Serdik Sespimmen Polri Dikreg Ke 63 mengatakan, “Tema yang dihadirkan hari ini dapat menjadi bekal kami selaku Serdik Sespimmen Polri dalam mengambil suatu kebijakan pola-pola keamanan.”

Dan Perwakilan Serdik Sespimma Polri Angkatan Ke 69 ARDIANTO BAYU WIBOWO, S.H., S.Kom.,B.Sh., M.M., M.Si  juga menyampaikan, “Tema kuliah umum kali ini sangat luar biasa, karena berkaitan dengan posisi kita sebagai anggota Polri. Yang dimana anggota Polri adalah setia pada hukum. Oleh karena itu materi kuliah kali ini dapat menjadi landasan kami untuk mengimplementasikan wawasan terkait  geopolitik maupun geosttrategi dalam menjalankan tugas sebagai anggota Polri.

Kegitan ini di tutup dengan Buka Puasa Bersama, di Gedung Utaryo dan Gedung Andrawina Sespim Lemdiklat Polri.

 

-Fya