SYUKURAN 58 TAHUN SESPIM LEMDIKLAT POLRI

admin 20 Mar 2023

banner-image

Lembang, 20 Maret 2023

    SESPIM LEMDIKLAT POLRI adalah lembaga pendidikan Polri yang menyelenggarakan pendidikan manajemen untuk membentuk calon pimpinan Polri mulai tingkat Pertama, Menengah, dan Tinggi. Selain itu Sespim Polri melaksanakan pengkajian dan pengembangan kebijakan serta mengelola komponen pendidikan di lingkungan Polri. SESPIM LEMDIKLAT POLRI berdiri dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno di Istana Bogor pada tanggal 19 Maret 1965, sekaligus pembukaan pendidikan Angkatan pertama. dalam perkembangannya, SESPIM LEMDIKLAT POLRI mengalami beberapa perubahan nama, namun tetap mengemban Visi dan Misi yang sama yaitu :

Visi Sespim Lemdiklat Polri adalah, menjadi lembaga pendidikan pengembangan tinggi Polri yang berkualitas, dalam mendidik calon pimpinan Polri yang memiliki profesionalisme, wawasan kepemimpinan strategi dan komitmen kuat terhadap integritas moral sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

Misi SESPIM LEMDIKLAT POLRI :
* Menyelenggarakan pendidikan calon pemimpin untuk tingkat pertama, tingkat menengah, dan tingkat tinggi polri juga untuk penegak hukum lainnya

* Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan, kebijakan dan strategi kepolisian, peradilan pidana, keamanan dan ketertiban masyarakat.

* Menyelenggarakan pelayanan informasi hasil pengkajian dan pengembangan, konsultasi manajemen kepolisian, keamanan dan ketertiban masyarakat.

* Menyelenggarakan pendidikan lainnya dibidang manajemen keamanan dan ketertiban masyarakat.

Moment Peresmian sekaligus Pembukaan Pendidikan Angkatan Petama oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Soekarno menjadi tanda Hari Jadi SESPIM LEMDIKLAT POLRI. Setiap Tanggal 19 Maret Keluarga Besar SESPIM LEMDIKLAT POLRI menggelar Syukuran atas Hari Jadi. Tahun 2023, SESPIM LEMDIKLAT POLRI genap berusia 58 Tahun, Kasespim Lemdiklat Polri Irjen Pol. Prof Dr Chryshnanda Dwilaksana, M.Si bersama seluruh PJU, Widya Iswara, KORPRI dan Perwakilan Peserta Didik SESPIM LEMDIKLAT POLRI menggelar Syukuran sederhana untuk panjatkan doa terbaik. dalam kesempatan itu, Kasespim menyampaikan, "Lembaga ini adalah lembaga untuk mempersiapkan calon pemimpin di masa depan, para Senior dan Pendahulu kita benar benar visioner menyiapkan sespim tahun 65, maka generasi muda ini bisa mensyukuri, menikmati, dan bisa melanjutkan bahkan bisa menumbuh kembangkan. Sekolah ini adalah sekolah moral, karena untuk mengendalikan diri, bukan untuk mengendalikan satuan".

    Selain itu, kegiatan juga disemarakan dengan penanaman ratusan bibit pohon di area SESPIM, Lembang. Penanaman pohon ini juga dalam rangka Hari Air se Dunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret. Kasespim menjelaskan "Penanaman Pohon di Hari Jadi Sespim Polri juga sebagai kepedulian terhadap alam dan upaya merawat sumber mata air yang ada di lingkungan SESPIM, Lembang".  Ada 2 lokasi Sumber Mata Air di Area SESPIM, yaitu Gadog 1 dan Gadog 2. "Kita bersyukur atas keberkaahan sumber mata air, kita rawat dan pelihara sebaik mungkin salah satunya dengan menanam bibit-bibit pohon untuk menjaga keberlangsungan Sumber Mata Air demi memenuhi kebutuhan air di lingkungan dan Proses Pendidikan" tutup Kasespim Lemdiklat Polri.

 

_QQ